SPS-HI MAWAR
  • GALLERY 

 

Satuan PAUD Sejenis(SPS) adalah lembaga yang menyelenggarakan pendidikan di luar Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, dan Taman Penitipan Anak.

Berfungsi memberikan pendidikan sejak dini & membantu meletakkan dasar ke arah pengembangan sikap, perilaku, perasaan, kecerdasan, sosial & fisik yg diperlukan dlm menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Termasuk dalam lembaga pendidikan Satuan Paud Sejenis adalah:

  1. Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah wahana kesejahteraan ibu dan anak yang berfungsi sebagai     tempat pelayanan terpadu mencakup aspek perawatan kesehatan dan gizi, terutama bagi ibu hamil dan balita.
  2. Bina Keluarga Balita (BKB) bertujuan memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada orang tua dan anggota keluarga lainnya tentang cara mendidik anak, mengasuh serta memantau pertumbuhan dan perkembangan balita.
  3. Pos PAUD adalah program layanan pendidikan yang diintegrasikan dengan program Bina Keluarga Balita(BKB dan Posyandu).
  4. Taman Pendidikan Al Qur’an, lembaga yang bertujuan memberikan pendidikan baca tulis Al Qur’an serta pendidikan agama lainnya.
  5. Taman Pendidikan Anak Soleh.
  6. Sekolah Minggu, sekolah yang dilaksanakan pada hari Minggu yang memberikan pendidikan Kristiani.
  7. Bina Iman.

Bidang pengembangan yang berkaitan dengan tujuan SPS:

1.Kesehatan

Sumber daya manusia yang berkualitas sejak awal merupakan modal dasar bagi proses tumbuh kembang anak untuk selanjutnya. Pertumbuhan anak ditandai dengan adanya peningkatan tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala. Faktor penentu pertumbuhan anak :

  • Faktor internal yakni genetik dan proses kehamilan mencakup nutrisi, gizi, penyakit, obat dan polusi.
  • Faktor eksternal berupa lingkungan sebelum lahir dan setelah lahir meliputi gizi, stimulasi, nutrisi, penyakit, polusi dan aktivitas fisik.

2. Gizi

3. Psikososial

Berfungsi mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Tujuan stimulasi psikososial:

  1. mempercepat & meningkatkan kualitas aspek perkembangan.
  2. meningkatkan mekanisme integrasi antar aspek perkembangan.
  3. membantu anak mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki.
  4. melindungi anak dari perasaan tidak nyaman,
  5. membantu anak mengembangkan perilaku adaptif & terarah.

Pendekatan dalam pengelolaan kegiatan pada lembaga SPS berpegang pada:

1. Prinsip perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Berorientasi pada kebutuhan anak.
  • Kegiatan belajar dilakukan melalui bermain.
  • Merangsang munculnya kreativitas & inovasi.
  • Menyediakan lingkungan yang mendukung proses belajar.
  • Mengembangkan kecakapan hidup anak.
  • Menggunakan berbagai sumber & media belajar yang ada di lingkungan sekitar .
  • Dilaksanakan secara bertahap dengan mengacu padd prinsip perkembangan anak.
  • Rangsangan pendidikan mencakup semua aspek perkembangan.

PRINSIP PERKEMBANGAN ANAK
  1. Anak akan belajar dengan baik apabila kebutuhan fisiknya terpenuhi dan merasakan aman serta nyaman di lingkungannya.
  2. Anak belajar terus menerus mulai dari membangun pemahaman tentang sesuatu, mengeksplorasi lingkungan, menemukan kembali sustu konsep hingga akhirnya mampu membuat sesuatu yang berharga
  3. Anak belajar melalui interaksi sosial baik dengan orang dewasa atau dengan anak lain di lingkungannya.
  4. Minat dan ketekunan anak akan memotivasi belajarnya.
  5. Perkembangan dan gaya belajar anak seharusnya dipertimbangkan sebagai perbedaan individu.
  6. Anak belajar dari yang sederhana ke komplek, dari yang konkret ke abstrak.
PRINSIP LAYANAN
  1. Optimalisasi program.
  2. Optimalisasi ketenagaan,
  3. Optimalisasi prasarana,
  4. Optimalisasi sarana,
  5. Berpusat pada anak.

Prosedur pelaksanaan kegiatan pengembangan pada lembaga SPS

Unsur 

  • Peserta didik, yakni anak usia 0-6 tahun yang tidak terlayani di lembaga pendidikan Anak Usia Dini lainnya.
  • Tenaga pendidik biasa di sebut kader.
  • Rasio pengelompokan kader sebagai berikut
  1. Anak usia 0-2 tahun tidak dibatasi jumlah anaknya karena kader hanya berfungsi sebagai pendamping orang tua.
  2. Anak usia 2-3 tahun antara 5-8 anak untuk 1 kader.
  3. Anak usia 3-4 tahun antara 8-10 anak.
  4. Anak usia 4-6 tahun antara 10-15 anak.

Persyaratan kader: berlatar belakang pendidikan SMA atau sederajat. Mendapat pelatihan dari Pos PAUD, bersedia bekerja secara sukarela.

Tugas kader:

  • Menyiapkan administrasi kelompok.
  • Menyusun rencana kegiatan main untuk kelompok yang dibinanya.
  • Menata lingkungan main.
  • Menyambut kedatangan anak.
  • Memimpin anak dalam kegiatan pembukaan.
  • Mempersilahkan anak untuk minum, ke kamar kecil dan bersih-bersih sebelum masukke kelompok.
  • Mempersiapkan kegiatan inti (circle time)
  • Mendukung anak saat bermain.
  • Mengajak anakmembereskan mainan bersama.
  • Mengevaluasi kegiatan main.
  • Mengajak anak bersih-bersih sebelum makan bekal.
  • Mengajak anak makan bekal.
  • Menutup kegiatan dengan cara mendongeng, menyanyi, membacakan cerita dan sebagainya.
  • Merencanakan kegiatan selanjutnya.
Pengelola Pos PAUD adalah kader PKK di lingkungan setempat. Tugas dari pengelola adalah memfasilitasi kegiatan Pos PAUD, melaporkan kegiatan Pos PAUD kepada ketua PKK.Penyelenggara Pos PAUD adalah Tim penggerak PKK. Setiap penyelenggara dapat membina beberapa Pos PAUD.

 

 

 

 

 

Komponen program Pos PAUD

  1. Kemampuan yang dikembangkan meliputi moral dan nilai-nilai agama, fisik/motorik, bahasa, kognitif, sosial emosional dan seni.
  2. Materi kegiatan untuk anak mengacu pada Menu Pembelajaran Generik. Sedangakn materi untuk orang tua meliputi : pemahaman tentang pentingnya pendidikan sejak dini, pemahaman terhadap tumbuh kembang anak, kemampuan melakukan berbagai perangsangan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, memilih dan memfasilitasi anak dengan permainan yang mendidik serta pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk anak.
  3. Pengelompokan anak: usia 0-2 tahun belajar selama 2 jam, usia 2-3 tahun belajar selama 3 jam, usia 3-4 tahun belajar selama 3 jam, usia 4-6 tahun belajar selama 3 jam.
  4. Pelaksanaan kegiatan.
  5. Tempat Kegiatan aman bagi anak dan mudah dijangkau.
  6. Bahan belajar berupa cetak dan elektronik.
  7. Keranjang PAUD yakni seperangakt APE yang di kemas dalam satu keranjang.
  8. Buku administrasi meliputi buku induk, buku agenda, daftar hadir, buku catatan perkembangan, buku kas, buku inventaris, dan buku tamu.
  9. Pembiayaan kegiatan untuk permulaan dapat meminta Program Rintisan dan untuk selanjutnya menjadi tanggung jawab orang tua murid secara swadaya.
  10. Pelaporan dan perizinan; perizinan kegiatan disampaikan kepada Dinas Pendidikan kecamatan.
  11. Pembinaan. Untuk tanggung jawab teknis pembinaan program Pos PAUD adalah jajaran dinas pendidikan.
PROFIL SPS-HI MAWAR

IDENTITAS

Nama PAUD

: MAWAR

Jenis

: Satuan Paud Sejenis (SPS)-HI

Penyelenggara

: PKK Desa Gembong

Izin Opersional

: 400.3.2/3757/VIII/Disdik/2023

NIB

: 0604230059636

NPSM

: –

Tgl. Berdiri

: 06 April 2020

Nama Pemimpin

: Syiffa Nabilla Jaena Putri, S.Ip

Hari Belajar

: Senin s/d Jumat

Waktu Belajar

: Pkl. 08:00 s/d 10:00

Alamat

: Jl. Raya Serang Km. 31

 

: Kp. Gembong Raya RT 001/001

 

: Desa Gembong

 

: Kecamatan Balaraja

 

: Kabupaten Tangerang

 

: Provinsi Banten

 

: Kode Pos 15610

 

: Tlp. 085781661137/081286803390

VISI MISI DAN TUJUAN

Visi

“ Membentuk peserta didik yang sehat, cerdas, kreatif, mandiri, dan berakhlaqul karimah

 Misi

  1. Menyelenggarakan layanan pengembangan holistik intergratif
  2. Memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sesuai dengan tahapan perkembangan, minat, dan potensi anak
  3. Membangun pembiasaan hidup sehat dan bersih, dan berakhlaq mulia secara mandiri
  4. Membangun kerja sama dengan orang tua, masyarakat dan lingkungan terkait dalam rangka pengelolaan PAUD yang professional, bertanggung jawa dan bersaing di Kabupaten Tangerang.
  5. Menanamkan akhlaq baik dan terpuji kepada anak melaalui pembelajaran yang terpadu dan berkesinambungan.
TUJUAN
  1. Mewujudkan anak yang sehat, jujur, senang belajar mandiri.
  2. Mewujudkan anak yang mampu merawat dan peduli terhadap diri sendiri teman dan lingkungan sekitar.
  3. Menjadikan anak yang mampu berfikir, berkomunikasi, bertindak produktif dan kreatif melalui bahasa, musik, karya, dan gerakan sederhana.
  4. Menjadikan anak beragama dan menjalankan sejak dini.
  5. Menciptakan iklim belajar yang kondusif, bagi penyelenggaraan pendidikan, perawatan, pengasuhan, dan perlindungan anak.
  6. Menjadi rujukan PAUD tingkat Kecamatan Balaraja Tangerang.
PROGRAM PEMBELAJARAN

Program pembelajaran pada SPS-HI Mawar merupakan rangkaian anak usia dini yang dikemas dalam aspek-aspek pengembangan anak usia dini yang mengutamakan pendidikan karakter melalui pembiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh pendidik PAUD kepada peserta didik, pengembangan aspek anak usia dini yang dibina pada lembaga kami meliputi 6 (enam) aspek pengembangan yaitu aspek moral dan agama, fisik motorik, sosial emosial, bahasa, kognitif, dan seni. Ke enam aspek tersebut dilakukan oleh tenaga pendidkan dengan suasana belajar yang menyenangkan dengan pendekatan belajar sambil bermain. Pengemabngan pembelajaran pada lembaga kami, apabila diuraikan adalah sebagai berikut :

  1. Program pengembangan nilai agama dan moral mencakup perwujudan suasana belajar untuk berkembangnya perilaku baik yang bersumber dari nilai agama dan moral serta bersumber dari kehidupan masyarakat dalam konteks bermain.
  2. Program pengembangan fisik motorik, mencakup perwujudan suasan untuk berkembangnya kematangan kinistetik dalam konteks bermain
  3. Program pengembangan kognitif, mencakup perwujudan suasana untuk perkembangannya kematangan proses berfikir dalam konteks bermain.
  4. Program pengembangan bahsa, mencakup perwujudan suasana untuk perkembangannya kematangan bahasa dalam konteks bermain.
  5. Program pengembangan sosial emosional mencakup perwujudan suasana untuk berkembangnnya kepekaan, sikap, dan keterampilan sosial, serta kematangan emosi dalam konteks bermain.
  6. Program pengembangan seni mencakup perwujudan suasana untuk berkembangnya expolarasi, expresi, dan apresiasi seni dalam konteks bermain.

BEBAN BELAJAR, JADWAL BELAJAR, DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Beban Belajar

No

Kelompok Usia

Waktu Belajar

Beban Belajar

Per Hari

Beban Belajar

Per Minggu

1

3-4 tahun

4 hari

120 menit

480 menit

2

5-6 Tahun

4 hari

120 menit

480 menit

Jadwal Belajar

No

Kelompok Usia

Jam Belajar

Hari

1

3-4 tahun

08:00 – 10:00

Senin, Selasa, Rabu, Kamis

2

5-6 Tahun

08:00 – 10:00

Senin, Selasa, Rabu, Kamis

 

  1. Tempat Pelaksanaan

Tempat Pelaksanaan pembelajaran SPS Mawar beralamat di Kp. Gembong Rt. 01/01 Desa Gembong Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang

SASARAN 

Yang menjadi sasaran pembelajaran SPS Mawaradalah anak-anak yang usia 3-6 tahun yang bertempat tinggal disekitar Wilayah Desa.

PROGRAM JANGAK PENDEK DAN JANGKA PANJANG

  • Program Jangka Pendek

Program jangka pendek yang telah kami rencanakan meliputi kegiatan sebagai berikut :

  1. Menyusun izin operasional pendirian SPS Mawar ke Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang.
  2. Melengkapi buku-buku pendukung administrasi SPS Awar baik akademi, maupun manajerial.
  3. Melengkapi alat peraga (APE) luar dan dalam yang menunjang proses KBM
  4. Mengadakan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan anak usia dini dalam meembentuk karakter anak, melalaui program prarenting.
  5. Menciptakan suasana belajar yang nyaman dan aman (kondusif)
  6. Mengusulkan bantuan operasional untul mendukung kegiatan belajar mengajar.
  7. Meningktkan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan yang bekerja di SPS mawar.
  8. Menjalin kemitraan dengan pihak lain yang mendukung pelaksanaan pembelajaran holistik, integratik
  9. Program Jangka Panjang

Program jangka panjang sebagai rencana induk pengembangan yang telah kami rencanakan meliputi sebagai berikut :

  1. menjalin kemitraan dengan pemerintah, dunia usaha dan lembaga lain
  2. mengadakan study banding dengan penyelenggaraan program pendidikan lain yang sudah lebih baik
  3. penambahan sarana dan prasarana, terutama ruang belajar, ruang kepala sekolah, dan lain-lain.
  4. Mengadakan konsolidasi dengan intansi yang terkait.

TATA KELOLA SPS-HI MAWAR

  1. Pembina dan Pengurus

NO

Nama

Jabatan

Pendidikan

1

Syiffa Nabilla JP.

Kepala Sekolah

S1 (Proses)

2

Aliyah

Bendahara

S1 (Proses)

3

Mahmud

Sekretaris

SMA

  1. Pendidik dan Tenaga Kependidikan

No

Nama

L/P

Tempat, TGL. Lahir

Pendidikan Terakhir

Lama Bekerja

Alamat

1

Aliyah

P

Tangerang, 05-02-1981

S1

2 Tahun

Kp. Ilat RT. 01/03 Gembong-Balaraja

2

Hj. Siti Mastuni

P

Tangerang, 22-08-1973

SMA

2 Tahun

Kp. Gembong RT 01/02 Ds. Gembong-Balaraja

3

Nurlisda

P

Tangerang, 05-05-1982

SMA

2 Tahun

Kp. Gembong RT 03/02 Ds. Gembong-Balaraja

4

Ifah Muhlisoh

P

Tasikmalaya,

 21-04-1995

S1

1 Tahun

Kp. Jeret Sukasono RT 02/05

Gembong-Balaraja

SARANA DAN PRASARANA

Sarana dan prasarana yang dimiliki SPS Mawar meliputi :

  1. Sarana
  2. Status Gedung : Pemerintah
  3. Luas Bangunan : 120 Meter                             
  4. Ruang Belajar : 2 Ruang
  5. Meja Guru : 2 Unit
  6. Meja Belajar : 20 Unit
  7. Kursi Guru : 2 Unit
  8. Prosotan Out Door : 1 buah
  9. Ayunan : 1 buah
  10. Panjatan : 1 buah
  11. Rak : 1 buah
  12. Jam Dinding : 2 Buah
  13. Kantor : ada
  14. WC : ada
  15. Kamar Mandi : ada
  16. Musholla : ada
  17. Administrasi
  18. Buku Induk : ada
  19. Buku Tamu : ada
  20. Buku Absen Siswa : ada
  21. Buku Absen Guru : ada
  22. Buku Inventaris : ada
  23. Buku Perkembangan Anak : ada
  24. Buku Keluar Masuk : ada
  25. Sudut Kegiatan
  26. Sudut Keluarga :
  27. Sudut kebudayaan :
  28. Sudut Alam Sekitar :
  29. Sudut Pembangunan :
  30. Sudut Inpaq :
  31. Pembiayaan :

Dana dan biaya operasional SPS Mawar di peroleh dari :

  1. Swadaya masyarakat
  2. Ketua TP. PKK
  3. APBDes
  4. Sumbangan yang tidak mengikat